Friday, November 9, 2012

Tips dan Langkah Rias Wajah "Korean Dolly Look"

Gaya riasan ala perempuan Korea.
Gaya riasan ala perempuan Korea. (sumber: Etude House)
Walau terlihat natural, gaya riasan wajah ala perempuan Korea pun cukup panjang dan butuh ketelitian.

Demam segala yang terkait artis Korea tak hanya sebatas film maupun musik, tetapi juga gaya dandan. Selain gaya berpakaian, gaya rias wajah ala perempuan Korea pun marak diikuti karena memang kesannya alami, imut, dan manis. Tak heran, banyak yang ingin meniru.

Dalam pembukaan gerai ke 27-nya di Kota Kasablanka, Kuningan, Jakarta, pertengahan Oktober lalu, produsen alat kecantikan asal Korea, Etude House mengundang 2 make-up artist Korea untuk menunjukkan langkah rias wajah ala perempuan Korea dengan tren riasan bertema Korean Dolly Look.

Riasan wajah bertema Korean Dolly Look ini terinspirasi dari riasan perempuan Korea yang seperti boneka cantik. Make Up Artist Etude House Korea, Oh Jieun, bersama Astrid Tjahjanto, Training Manager Product & Make Up Skills Etude House Indonesia, menunjukkan beberapa langkahnya:

Kulit wajah
Menurut Astrid, riasan wajah perempuan Korea umumnya berkesan segar, dewy, dan natural. Untuk mencapainya, butuh landasan kulit yang sehat dan segar. Maka, selalu mulai perawatan kulit wajah dengan pembersihan dan pengaplikasian toner, dilanjut pelembap atau serum. Perawatan ini merupakan fondasi penting agar riasan bisa bertahan lama dan tekstur akhir yang baik.

Ratakan warna kulit
Setelah memastikan kulit wajah bersih dan diberikan pelembap, lanjutkan dengan meratakan warna kulit. Etude House menyarankan penggunaan BB Dation, yakni BB Cream yang diperkaya dengan foundation. Mempersingkat langkah untuk menyiapkan tampilan kulit wajah yang merata dan menutup ketidakmerataan warna kulit sekaligus memberi kesan kulit mulus.

Astrid menyarankan untuk mengaplikasikan BB Dation dengan spons segitiga khusus rias wajah. Pusatkan aplikasi BB Dation di area tengah wajah, mulai dari T-Zone, hingga area pipi, tidak perlu menarik BB Dation hingga area tumbuhnya rambut, karena hal ini justru mempertegas warna "belang" bila tidak aplikasinya tidak merata.

Blush on
Langkah berikut adalah penggunaan perona pipi. Umumnya, perias wajah akan menempatkan pengaplikasian perona pipi di akhir ritual rias wajah. Namun, Oh Jieun memilih untuk mendulukan perona pipi ketimbang yang lain.

Astrid menyarankan untuk mengaplikasikan perona pipi di bagian paling menonjol di pipi. "Coba tersenyum, lihat bagian bulat menonjol di pipi, pulaskan kuas perona pipi di area tersebut saja, supaya wajah terlihat segar," saran Astrid.

Highlighter
Setelah pengaplikasian perona pipi, langkah berikutnya adalah pengaplikasian highlighter, yang berfungsi menonjolkan area-area tertentu atau menutup area bermasalah, khususnya kantung mata.

Bila tak memiliki produk highlighter khusus, yang bisa digunakan adalah eyeshadow. Biasanya, saat membeli eyeshadow, ada beberapa warna dalam 1 kotak, pilih yang berwarna putih atau beige (paling terang), sesuaikan dengan warna kulit. Aplikasikan highlighter pada area C zone (area C di sudut terluar kelopak mata dan sedikit di bawah batas sudut terluar mata, namun di atas tulang pipi) juga pada tulang hidung.

Alis mata
Alis mata adalah salah satu hal penting dalam riasan wajah perempuan Korea. Kareananya, Etude meluncurkan paket khusus eyebrow kit yang memiliki 2 warna dalam 1 paket, yakni hitam pekat dan hitam kecokelatan.

Pewarna alis mata ini digunakan untuk menutupi area kosong di alis mata untuk memberi kesan tebal dan penuh, namun tetap alami. Gunakan teknik arsiran, mulai dari sisi terluar alis mata, beranjak ke bagian pangkal alis mata yang dekat dengan tulang hidung. Ikut arus tumbuh rambut.

Kelopak mata
Untuk teknik kali ini, Oh Jieun berbagi cara merias mata untuk siang hari. Langkah pertama untuk merias kelopak mata adalah dengan mengaplikasikan eyeshadow dengan warna paling terang yang ada di palet eyeshadow yang akan digunakan. Aplikasikan dengan tip brush bersudut. Aplikasikan eyeshadow ke seluruh kelopak mata yang menutupi bola mata, tak perlu sampai tulang alis mata. Langkah berikutnya adalah, dengan menggunakan jari manis, colek eyeshadow warna tengah, lalu tepuk-tepuk pelan di kelopak mata, jangan digosok, agar tahan lama.

Lanjutkan dengan penggunaan eyeliner. Aplikasikan eyeliner dari sudut terluar menuju sudut terdalam. Buat garis yang tegas, jelas, dan rapi. Untuk mata cenderung sipit, buat garis tegas, penuhi di bulu mata. Sementara untuk si mata besar, tarik garis tepat di atas garis tumbuhnya bulu mata. Hindari penggunaan eyeliner di kelopak bawah mata saat siang hari. Tutup langkah rias area mata dengan penggunaan maskara.

Lipstik
Rahasia tampilan muda bibir para artis Korea adalah tidak adanya garis tegas di pinggiran bibir. Karena itu Oh Jieun menyarankan untuk menutupi area garis bibir dengan BB Dation agar terlihat samar. Aplikasikan lipstik di tengah bibir saja, tak perlu memenuhi semua area bibir, lalu baurkan dengan jari secara perlahan. Teknik ini untuk membuat kepekatan lipstik cukup di area tengah bibir, tidak sampai pinggir bibir. Bila ingin terlihat lebih segar, tambahkan lipgloss di bagian tengah bibir lagi.

No comments:

Post a Comment